Mengenai Saya

Foto saya
Malang, Jawa timur, Indonesia

Rabu, 12 Oktober 2011

Pendidikan dan Internet Suatu Keharusan.

Mengapa pendidikan dan internet suatu keharusan?

Karena dalam institusi pendidikan formal kita diajarkan untuk melatih kemampuan kemampuan Akademis. Dengan melatih serta mengasah kemampuan menghafal, menganalisa, memecahkan masalah, dan lain sebagainya maka diharapkan seseorang akan memiliki kemampuan akademis yang baik. Orang yang tidak sekolah biasanya tidak memiliki kemampuan akademis yang baik sehingga dapat dibedakan dengan orang yang bersekolah. Kehidupan yang ada di masa depan tidaklah semudah dan seindah saat ini karena dibutuhkan perjuangan dan kerja keras serta banyak ilmu pengetahuan.

Dalam pendidikan formal kita juga diajarkan untuk disiplin, dengan mengharuskan seorang  mahasiswa datang dan pulang sesuai dengan aturan yang berlaku, maka secara tidak langsung dapat meningkatkan kedisiplinan seseorang. Dengan begitu padatnya jadwal kuliah yang memaksa seorang mahasiswa untuk belajar secara terus-menerus akan menguatkan mental dan fisik seseorang menjadi lebih baik.

Pendidikan juga mengajarkan kita untuk bertanggung Jawab, Tanggung jawab seorang anak adalah belajar dengan baik,  orangtua yang memberi nafkah. Seorang anak yang menjalankan tugas dan kewajibannya dengan baik dengan bersekolah yang rajin akan membuat bangga orang tua, guru, saudara, famili, dan lain-lain.

Selain itu dunia pendidikan juga membangun jaringan pertemanan serta memperluas hubungan sosial seorang mahasiswa. Tidak menutup kemungkinan di masa depan akan membentuk jaringan bisnis dengan sesama teman di mana di antara sesamanya sudah saling kenal dan percaya.

Setelah kita lulus dari sebuah institusi pendidikan biasanya akan menerima ijazah khusus yang mengakui bahwa kita adalah orang yang terpelajar, memiliki kualitas yang baik dan dapat diandalkan. Jika disandingkan dengan orang yang tidak berpendidikan dalam suatu lowongan pekerjaan kantor, maka rata-rata yang terpelajarlah yang akam mendapatkan pekerjaan tersebut.

Akan tetapi institusi pendidikan formal tidak sepenuhnya dapat merubah semua orang menjadi baik. Sebab sekolah dan kuliah hanyalah sebagai suatu mediator atau perangkat pengembangan diri. Yang mengubah diri seseorang adalah hanyalah orang itu sendiri.



Disamping itu perkembangan teknologi tak kalah pentingnya dengan dunia pendidikan, di era global seperti sekarang ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi meningkat dengan cepat, terutama dalam hal jaringan komputer, jaringan komputer mampu menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya. salah satu contoh jaringan komputer adalah internet. internet merupakan teknologi jaringan yang telah menjadi kebutuhan sebagian besar masyarakat dunia untuk mencari informasi dan komunikasi.

Dalam kehidupan sehari-hari, Internet memberikan banyak manfaat bagi masyarakat dunia. Ribuan bahkan jutaan informasi digital berharga dapat kita dapatkan dengan mudah melalui Internet. Hanya dengan sebuah komputer yang terkoneksi Internet, kita dapat menjelajah dunia hanya dengan melihat pada sebuah layar monitor.


dengan internet kita dapat berkomunikasi dengan seluruh manusia didunia ini. tidak terpisah oleh jarak dan lain sebagainya. internet mempunyai kelebihan sebagai media informasi dan komunikasi di bandingkan dengan media lain, sebab dengan internet informasi yang didapatkan lebih mudah ,cepat dan murah dengan jangkauan global.

Manafaat perkembangan teknologi internet bagi pendidikan:
1) Internet bermanfaat untuk mencari bahan materi dan tugas-tugas yang diberikan oleh pendidik.
Di dalam internet terdapat banyak materi dan ilmu. Guna  menambah  pengetahuan dan wawasan.


2) Internet digunakan sebagai alat berdiskusi dengan anak didik.
Sekarang ini banyak anak didik yang pintar dan cerdas, mereka dapat diajak untuk berdiskusi membahas masalah dan memecahkan masalah. Untuk ajang berdiskusi itu tidak perlu anak didik bertemu secara langsung dengan pendidik, namun dengan berbagai fitur yang disediakan oleh internet seperti edmodo, tanpa harus bertatap muka diskusi itu bisa terjadi bahkan bisa lebih menyenangkan.


3) Internet dimanfaatkan oleh pendidik agar anak didik mengumpulkan tugas melalui fitur email.
Dengan adanya internet inovasi baru tentang pengumpulan tugas juga muncul. Anak didik mengumpulkan tugas tanpa harus menemui pendidik yaitu dengan fitur email. Sehingga waktu, tenaga, dan materi dapat ditekan karena dengan internet tempat yang jauh bisa terasa begitu dekat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar